• Hubungi Kami
  • Hubungi kami untuk mengetahui apakah kami bisa membantu Anda
    Balai Sertifikasi Industri
    Jl. Cikini IV No. 15, Jakarta Pusat 10330
    +62 21 3150240
        +62 21 3150214
        +62 21 31925807
        +62 21 31925808
    +62 21 31925806
    bsi.kemenperin.go.id
    Kirim Permintaan
    Lokasi

Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu

Sebagai Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (LSSM) Balai Sertifikasi Industri - Kementerian Perindustrian sejak tahun 2017, telah sanggup melakukan sertifikasi manajemen mutu untuk memenuhi kebutuhan industri dalam kesesuaian dengan SNI ISO 9001:2015. Akreditasi yang diperoleh dari KAN adalah LSSM-060-IDN Sebagai persyaratan akreditasi Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (LSSM), Balai Sertifikasi Industri telah mengimplementasikan Sistem Manajemen Lembaga Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu yang harus memenuhi antara lain: ­ SNI ISO/IEC 17021-1:2015 (Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Lembaga Penyelenggara Audit dan Sertifikasi Sistem Manajemen - Bagian 1: Persyaratan) ­ SNI ISO/IEC TS 17021-3:2013 (Penilaian Kesesuaian - Persyaratan Lembaga Penyelenggara Audit dan Sertifikasi Sistem Manajemen - Bagian 3: Persyaratan Kompetensi Audit dan Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu) ­ DPLS 17 Rev.1 (Scope and Accreditation Quality Management System and Environmental Management System). 

Balai Sertifikasi Industri saat ini  telah sanggup melakukan Sertifikasi Sitem Manajemen Mutu untuk lingkup :

(19) Electrical and Optical Equipment

(18) Machinery Equipment

(17) Basics Metals and Fabricated Metal Products

(16) Concrete, Cement, Lime, Plaster etc

(15) Non Metallic Mineral Products

(14) Rubber and Plastic Products

(12) Chemicals, Chemicals Products and Fibers

(07) Pulp, Paper and Paper Products

(06) Wood and Wood Products

(05) Leather and Leather Products

(04) Textiles and Textiles Products

(03) Food Products, Baverage and Tobbaco

(23) Another Factory

Secara umum, alur proses sertifikasi SMM ISO 9001:2015 dapat anda lihat sebagai berikut :

 

 

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR SERTIFIKASI

­Frekuensi surveilan terhadap Perusahaan yang telah memiliki Sertifikat Kesesuaian dilaksanakan setiap satu tahun sekali untuk audit sistem.

Sertifikat Manajemen Mutu diberlakukan selama–lamanya tiga tahun sejak tanggal dikeluarkannya Sertifikat Kesesuaian. Apabila masa berlaku Sertifikat Kesesuaian telah jatuh tempo sesuai dengan tanggal berlakunya, maka Balai Sertifikasi Industri akan memberitahukan bahwa Surveilan terakhir sekaligus merupakan Sertifikasi Ulang kepada perusahaan dua bulan sebelum habis masa berlakunya.

 

Sertifikat Kesesuaian dapat ditangguhkan untuk jangka waktu tertentu oleh Balai Sertifikasi Industri apabila terjadi antara lain seperti berikut ini:

(a) Perusahaan melakukan perubahan* yang menimbulkan ketidaksesuaian terhadap ketentuan sertifikasi kesesuaian

*- Perubahan desain, proses produksi (peralatan, fasilitas, lingkungan kerja atau sumber daya lainnya), sistem manajemen mutu, komponen atau input produksi yang dipergunakan

-Perubahan Izin Usaha Industri, status legal (akte perusahaan, alamat perusahaan, penanggung jawab perusahaan) atau Izin Merek.

(b) Hasil surveilan menunjukkan bahwa kesesuaian proses/produk/jasa terhadap ketentuan standar yang diacu tidak dapat dipertahankan dan tidak dapat diatasi dalam jangka waktu yang ditentukan.

(c) Surveilan tidak dapat dilakukan setelah diberikan surat peringatan.

(d) Penyalahgunaan Sertifikat Kesesuaian dan atau Tanda Kesesuaian yang tidak segera diatasi oleh Perusahaan dengan melakukan tindakan koreksi/perbaikan yang tepat.

(e) Pengaduan terhadap Perusahaan pemegang Sertifikat Kesesuaian yang dapat dibuktikan penyimpangannya terhadap Ketentuan dan Tata Cara Sertifikasi.

(f) Penyimpangan lainnya terhadap Ketentuan dan Tata Cara Sertifikasi.

Pemberitahuan tentang penangguhan Sertifikat Kesesuaian disampaikan oleh Balai Sertifikasi Industri kepada Perusahaan yang bersangkutan melalui pengiriman surat tercatat atau dengan menggunakan cara yang setara. Perusahaan diberi kesempatan untuk melakukan tindakan perbaikan dalam jangka waktu maksimum dua bulan.

Jika kondisi sebagaimana dimaksud pada butir a-f telah dipenuhi maka Evaluasi Tinjauan Sertifikasi Balai Sertifikasi Industri akan memberlakukan kembali Sertifikat Kesesuaian dan Balai Sertifikasi Industri memberitahukan secara tertulis kepada Perusahaan yang bersangkutan melalui pengiriman surat tercatat atau dengan menggunakan cara yang setara.

Jika kondisi sebagaimana dimaksud pada butir a-f tidak dapat dipenuhi maka Evaluasi Tinjauan Sertifikasi Balai Sertifikasi Industri akan mencabut/menarik Sertifikat Kesesuaian dan Balai Sertifikasi Industri memberitahukan secara tertulis kepada Perusahaan yang bersangkutan.

 

­ Sertifikat Kesesuaian dapat dicabut/ditarik apabila terjadi antara lain seperti berikut ini:

(a) Tindakan koreksi/perbaikan yang diambil oleh Peusahaan tidak memadai dalam kasus penangguhan sertifikat

(b) Perusahaan tidak memenuhi kewajiban pembayaran biaya Sertifikasi dalam masa penangguhan kepada Balai Sertifikasi Industri

Pemberitahuan tentang pencabutan Sertifikat Kesesuaian disampaikan oleh Balai Sertifikasi Industri kepada Perusahaan yang bersangkutan melalui pengiriman surat tercatat atau dengan menggunakan cara yang setara.

 

Selengkapnya :

1. Tata Cara dan Ketentuan Sertifikasi

Dapat dilihat melalui link download berikut : bit.ly/TataCara-KetentuanSertifikasi

2. Persyaratan dan Form Permohonan Sertifikasi Luar Negeri

Dapat dilihat melalui link download berikut : bit.ly/PersyaratanPermohonan-LuarNegeri

3. Persyaratan dan Form Permohonan Sertifikasi Dalam Negeri

Dapat dilihat melalui link download berikut : bit.ly/PersyaratanPermohonan-DalamNegeri

4. Tata Cara Penggunaan Logo

Dapat dilihat melalui link download berikut : http://bit.ly/Tata-CaraPenggunaanLogo